Hydrometer

watch_later Selasa, 30 Mei 2017

Hydrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis (atau kepadatan relatif) dari cairan, yaitu rasio kepadatan cairan dengan densitas air. Biasanya  terbuat dari kaca dan terdiri dari batang silinder dan bola pembobotan dengan merkuri atau tembakan timah untuk membuatnya mengapung tegak. Hydrometer sering juga disebut aerometer. Pengoperasian hidrometer didasarkan pada prinsip Archimedes bahwa tersuspensi pada fluida akan didukung oleh kekuatan sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Dengan demikian, semakin rendah kerapatan zat tersebut, lebih jauh hidrometer akan tenggelam.
Hydrometer atau aerometer yang mempunyai skala yang dapat langsung menunjukkan berat jenis zat cair disebut densimeter. Adapula hydrometer yang tidak dipakai untuk menentukan berat jenis zat cair, tetapi untuk menentukan kadar larutanasam, susu, gula pasir, dan alcohol. Hydrometer yang khusus digunakan untuk mengukur kadarlarutan gula pasir disebut sakarimeter.
Sejarah hidrometer, deskripsi awal hidrometer muncul dalam surat dari Synesius dari Kirene untuk sarjana Hypatia Yunani dari Alexandria. Dalam surat kelima belas Synesius ', ia meminta Hypatia untuk membuat hydrometer baginya. Hypatia diberikan kredit untuk menemukan yang hidrometer (atau hydroscope) kapan di abad ke-4 akhir atau awal abad ke-5.
Bagian-bagian Hidrometer
  • Batang Hidrometer – Berfungsi untuk pengangan awal sebelum hidrometer dicelupkan pada cairan, serta sebagai tempat skala hidrometer.
  • Skala Hidrometer – Merupakan ukuran massa jenis cairan yang akan diukur.
  • Kaca Bohlam – Sebagai tempat tertampungnya udara.
  • Beban – Terbuat dari timbal berfungsi untuk memposisikan Hidrometer tegak lurus dengan permukaan air.


Cara pengukurannya, pertama melakukan Kalibrasi Hidrometer dengan menggunakan aquades yang telah diketahui bahwa massa jenisnya adalah 1,000 g/cm3. Kedua, Memasukkan hidrometer ke dalam tabung yang berisi zat cair yang akan diukur massa jenisnya dengan hati-hati untuk menghindari pembentukan gelembung udara dan usahakan hidrometer dalam keadaan tegak lurus agar mempermudah dalam pembacaan. Ketiga, lakukan pembacaan pada alat hidrometer.